Diagnosis Dan Keperawatan Katarak

Diagnosis Dan Keperawatan Katarak – Konsep Dasar Diagnosis Dan Keperawatan Katarak.

Konsep Dasar Diagnosis Dan Keperawatan Katarak

1. Pengkajian Diagnosis Dan Keperawatan Katarak

a. Aktivitas/Istirahat

Gejala : akan terjadi perubahan pada kebiasaan aktivitas atau hobi yang berhubungan dengan gangguan penglihatan.

 Diagnosis Dan Keperawatan Katarak

Diagnosis Dan Keperawatan Katarak

b. Neurosensori

Gejala yang terjadi : mata akan mengalami gangguan penglihatan objek yang ditangkap mata terlihat kabur atau bahkan tidak jelas, sinar terlihat menyilaukan mata sehingga mata kehilangan penglihatan perifer secara bertahap, kesulitan berkonsentrasi kerja dan mata terasa dalam ruangan gelap. Perubahan yang dilakukan melalui pengobatan ini tidak memperbaiki penglihatan.

Tanda dari keperawatan ini : mata tampak kecokelatan dan terdapat putih susu atau berawan pada tengah lensa mata atau pupil dan terjadi peningkatan air mata.

c. Nyeri/Kenyamanan

Gejala yang terjadi : Ketidaknyamanan ringan atau mata berair

d. Pembelajaran/Pengajaran

Gejala: riwayat kesehatan keluarga yang memiliki diabetes, gangguan sistem vaskuler, riwayat stress, alergi, gangguan vasomotor misalnya peningkatan tekanan darah pada pembuluh vena, ketidakseimbangan endokrin, diabetes. Terpajan pada radiasi, steroid/toksisitas fenotiazin.

e. Pertimbangan rencana pemulangan

DRG menunjukkan rerata lamanya dirawat: 4,2 hari (biasanya dilakukan sebagai prosedur pasien rawat jalan). Memerlukan bantuan dengan transportasi, penyediaan makanan, perawatan/pemeliharaan rumah.

f. Keutamaan Diagnosis Dan Keperawatan Katarak

– Mencegah penyimpangan penglihatan lanjut

– Meningkatkan penyesuaian terhadap perubahan atau penurunan ketajaman penglihatan

– Mencegah komplikasi

– Membantu memberikan informasi tentang proses penyakit/prognosis dan kebutuhan pengobatan

g. Tujuan Pemulangan

– Penglihatan dipertahankan pada tingkat sebaik mungkin

– Agar pasien dapat menghadapi dan mengatasi kondisi ini dengan tindakan positif

– Dapat meminimalisir atau mencegah terjadinya komplikasi

– Memahami proses penyakit atau prognosis dan program terapi

2. Diagnosis Dan Keperawatan Katarak

Pre operasi Penyakit Katarak

– Gangguan pemahaman yang ditangkap oleh syaraf sensori-perseptual penglihatan yang berhubungan langsung pada gangguan penerimaan sensorik pada otak dengan organ indera lainnya termasuk mata.

– Resiko fatal yang akan terjadi berhubungan dengan kerusakan fungsi sensorik pada penglihatan dan kemudian kehilangan vitreus, pandangan kabur, perdarahan intraokuler.

– Kurang pengetahuan tentang kondisi, prognosis, pengobatan berhubungan dengan tidak mengenal sumber informasi, kurang terpajan/mengingat, keterbatasan kognitif.

– Ansietas berhubungan prosedur penatalaksanaan / tindakan pembedahan

– Defisit perawatan diri yang berhubungan dengan gangguan penglihatan.

Post operasi

– Nyeri berhubungan dengan trauma insisi

– Resiko tinggi infeksi berhubungan dengan prosedur tindakan invasif insisi jaringan tubuh

– Gangguan persepsi sensori-perseptual penglihatan berhubungan dengan gangguan penerimaan sensori atau status organ indera

– Resiko tinggi cedera berhubungan dengan kerusakan fungsi sensori penglihatan – kehilangan vitreus, pandangan kabur, perdarahan intraokuler.

Penatalaksanaan Penyakit Katarak Mata

Penatalaksanaan penyakit katarak mata yang dilakukan adalah :

  1. Penatalaksanaan yang bersufat non bedah untuk visus ebih baik lagi atau juga sama dengan sekitar 6/12 yakni suatu pemberian pada kacamata dengan menggunakan koreksi yang paling baik.
  2. Dan jika visus masih bisa lebih baik dari 6/12 namun hal ini sudah mengganggu untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan si penderita atau juga adanya suatu indikasi medis yang lain dalam hal operasi, maka pasien bisa melakukan operasi katarak.
  3. Selain itu penatalaksanaan pada pasien penderita penyakit katarak dengan visus yang terbaik yang terjadi kurang dari 6/12 merupakan salah satu operasi katarak mata yang dilakukan dalam bentuk EKRK + IOL atau juga fakoemulsifikasi _ IOL dengan membantu mempertimbangkan ketersediaan alat, serta derajat kekeruhan yang terjadi pada penyakit katarak mata dan juga suatu tingkat dari kemampuan ahli bedah.
  4. Operasi penyakit katarak mata yang dilakukan dengan cara menggunakan mikroskop operasi dan menggunakan peralatan bedah mikro, dimana biasanya pasien dipersiapkan untuk melakukan implantasi IOL.
  5. Ukuran dari IOL akan dihitung dari data keratometri serta dari pengukuran biometri A-scan.
  6. Jika tidak tersedia perlatan dari keratometri dan biometri dari ukuran IOL yang bisa ditentukan berdasarkan dari anamnesis ukuran kacamata yang selama ini digunakan oleh pasien, IOL yang standar Power + 20.00 dioptri. Dan jika pasien mengguankan kacamata, power IOL standar biasanya akan diturunkan dengan seukuran kacamata. Misalnya adalah pasien yang menggunakan kacamata S -6.00 maka akan diberikan suatu IOL power + 14.00 dioptri.
  7. Operasi penyakit katarak bilateral yang dilakukan adalah suatu operasi pada kedua mata dengan sekaligus dan dilakukan dengan berurutan. Hal ini merupakan suatu hal yang sangat tidak dianjurkan yang berkaitan dengan resiko setelah operasi yang bisa berdampak pada terjadinya kebutaan. Namun ada beberapa kondisi yang khusus yang bsia dijadikan suatu alasan dari pembenaran dan juga keputusan dari tindakan operasi katarak mata bilateral ini maka harus dipikirkan dengan sebaik-baiknya.

Penggunaan dari obat katarak mata yang digunakan oleh pasien setelah operasi biasanya tergantung dari kondisi mata dan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Namun penggunaan dari obat tetes mata yang bisa dikombinasikan dengan obat katarak jenis antibiotika dan juga obat steroid haruslah diberikan kepada pasien. Hal ini bertujuan untuk bisa digunakan setiap hari selama paling tidak dilakukan 4 minggu setelah operasi.

 Diagnosis Dan Keperawatan Katarak

CARA PEMESANAN BILBERRY EYEBRIGHT PLUS

Bilberry Eyebright Plus Membantu Sebagai Obat Katarak Mata, Mencegah dan Membantu Mengatasi Penyakit Mata Katarak

1 Botol Obat Katarak Bilbery Eyebright Plus dengan Isi 30 Kapsul Rp.195.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Obat Katarak, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Jenis – Jenis Katarak


=====================================

>>> Bilberry Eyebright Plus Membantu Pengobatan Katarak Mata, Mencegah dan Membantu Mengatasi Penyakit Mata Katarak, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Obat Katarak and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>